Rabu, 23 Oktober 2013

William Ames "Seorang Teolog Inggris"

William Ames adalah seorang teolog Inggris yang mengembangkan Teologi Puritan. Ia dilahirkan di Suffolk, Inggris dalam lingkungan keluarga yang memiliki perhatian terhadap Puritan.  Ia sekolah di Christ's College di Universitas Cambridge dan menjadi murid dari dari seorang teolog Puritan, William Perkins
Pada tahun 1607, ia lulus dari Christ's College dengan prestasi akademik membanggakan. Tahun pelayanannya yang pertama di Belanda ia dedikasikan kepada orang-orang buangan Inggris, pedagang dan tentara. pelayanannya di The Huge dianggap sebagai perlawanan bagi pemerintahan setempat. pada tahun 1618, ia terpaksa mengakhiri pelayanannya di Belanda. Karena hal ini juga, ia memiliki kesempatan untuk belajar di Universitas Franaker dan mendapatkan gelar profesor teologi pada tahun 1622 .
Teologi Puritan yang diusung oleh William Ames dianggap sebagai karya seni agung yang menjadi panuntun dalam membangun rencana-rencana fundamental melalui cara-cara ilahi agar manusia dapat mendekatkan dirinya kepada Allah.  Bagi William Ames, tidak ada ajaran yang universal mengenai kebenaran. Tidak ada kebenaran yang relevan untuk ekonomi, domestik, moralitas, politik yang tidak tepat berkaitan dengan teologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar